POLA
BAKU
LOMBA
TEATER ROHANI PEMUDA GMIM
A. PESERTA
DAN OFFICIAL
1.
Peserta dan Official Tim adalah Pemuda GMIM
2.
Peserta dan Official (termasuk crew) wajib
mendaftarkan diri kepada panitia, dengan mengisi formulir pendaftaran/data yang
diberikan oleh panitia
3.
Setiap Jemaat mengutus 1 kelompok/tim (peserta
dan official)
4.
Setiap tim menyertakan kredensi dari BPMJ dan
melampirkan FC akte kelahiran dan surat baptis.
5.
Wajib menyiapkan foto copi naskah sebanyak 4
rangkap yang sudah diisi dalam map. Disertakan juga lembar synopsis naskah dan
dasar/refleksi Teologi Alkitabnya
6.
Menyiapkan naskah untuk dipresentasikan dengan
durasi 75menit (sudah termasuk pasang
bongkar property)
7.
Menyediakan perlengkapan/set property panggung
sesuai materi pementasan lakonnya, yang telah dikoordinasikan sebelumnya dengan
Panitia/Konsultan.
8.
Peserta diharapkan menggunakan property yang
disesuaikan dengan kapasitas panggung
9.
Peserta wajib mengadakan observasi/pengecekan
panggung, sound dan lighting yang telah disediakan oleh panitia sehari sebelum
pelaksanaan.
10.
Sebaiknya pementasan peserta tidak menggunakan
elemen api yang memberi resiko berbahaya. Jika menggunakan dan terjadi sesuati
insiden di panggung maka grup itu akan didiskualifikasi.
B. PANITIA
1.
Panitia dibentuk dijemaat/wilayah dan
diterbitkan SK untuk dilantik oleh KPPS GMIM.
2.
Panitia wajib berkoordinasi dengan
Konsultan/Pokja/KPPS GMIM.
3.
Panitia menyiapkan panggung, lighting standart,
kamera, shooting video da set sound sesuai standart yang direkomendasikan oleh
Konsultan/Pokja/KPPS GMIM. Dalam membuat panggung, Panitia wajib bekerjasama
dengan Konsultan yang telah ditunjuk oleh KPPS GMIM.
C. KONSULTAN,
JURI dan INSPEKTUR PERTANDINGAN
Konsultan, Juri dan
Inspektur pertangingan (IP) berasal dari unsur pegiat/pelaku/praktisi
teater/akademisi
dan teologi yang ditentukan/direkomendasikan oleh KPPS GMIM
D. NASKAH,
TEMA dan KRITERIA PENILAIAN
1.
Tema : (yang
disertakan dengan dasar/refleksi Alkitabnya)
2.
Kriteria Penilaian :
a.
Landasan Teologi Alkitab
Kesesuaian sumber/dasar Alkitab dan
Teologinya
b.
Naskah
Kesesuaian Tema, Bobot isi, Ide Kreatif.
c.
Penyajian
Kreativitas, Harmonisasi (kekompakan),
Utinity (kesatuan) dan Penampilan (kewajaran, keserasian)
d.
Keaktoran (Pemeranan)
Penghayatan, Tehnik vocal, Artikulasi
(pengucapan) dan Gerak Tubuh
e.
Penata Artistik
·
Ligthing
Penggunaan Ligthing dan Kesesuaian Ligthing
·
Rias (make up) dan Busana
Keserasian dan Kewajaran
·
Panggung
Optimalisasi property
·
Music Ilustrasi
Kreativitas dan Harmonisasi (dinamika,
kekompakan/balancing)
E. PEMENTASAN
1. Durasi pementasan (termasuk pasang bongkar set
property) setiap peserta selama 75menit.
2. Waktu pementasan dan pasang bongkar property
akan diatur dengan timer. Jika pementasan dan pasang bongkar properti telah
melebihi waktu yang telah ditentukan, pementasan tetap diteruskan sampai
selesai tetapi akan mendapat potongan nilai 1 dari total 3 juri. (pemotongan
nilai akan dilakukan oleh IP setelah total nilai sudah masuk dari 3 juri)
3.
Jika terjadi pemadaman listrik saat pementasan,
maka akan diberikan kesempatan tampil ulang. Official tim akan berkoordinasi
dengan panitia dan Inspektur Pertandingan (IP) dan atau konsultan serta KPPS
GMIM untuk menentukan pilihan peserta : Bisa langsung diteruskan dengan catatan
timer akan disesuaikan dengan adegan terakhir di saat listrik padam, atau bisa
tampil di bagian akhir dengan catatan timer akan dimulai dari awal.
4. Peserta dan Official wajib memperhatikan
waktu/jadwal pementasan. Setiap peserta akan dipanggil sesuai nomor urut hasil
undian dengan panggilan sebanyak 3 X. Jika sudah dipanggil 3X dan belum
direspon maka akan (pilih salah satu sesuai kesepakatan/keputusan Konsultasi
Pemuda) :
·
Ditempatkan pada urutan paling belakang dan akan
dikurangi nilai 2 poin dari hasil total
Nilai 3 juri.
·
Dan atau didiskualifikasi.
F.
TEMPAT/GEDUNG da PANGGUNG PEMENTASAN
1. Gedung
yang akan dijadikan tempat/lokasi festival terlebih dahulu akan diobservasi
oleh Konsultan, Pokja/KPPS GMIM sebelum penetuan akhir tempat yang akan
digunakan
2. Memiliki
ruang representative untuk digunakan sebagai tempat pementasan (dari segi luas
ruangan dan akustik ruangan)
3. Panggung
dalam ruangan dibuat dalam ukuran standart : Panjang 6 Meter dan lebar 8 meter (bisa
lebih sesuai kapasitas besarnya ruangan). Tidak memakai plafon. Jumlah pintu masuk
dari belakang/samping panggung kiri dan kanan masing-masing sebanyak 1 pintu
dengan dengan ukuran lebar 1 m dan tinggi 3 m. Dibuat juga pintu/sekat untuk
akses masuk keluar pemain ke panggung yang dibuat serong dengan ukuran : tinggi
3 meter dan lebar 60cm. sedangkan untuk dinding panggung terbuat dari triplex
atau sejenisnya yang dicat warna hitam. Juga lantai panggung terbuat dari
triplex tebal dan dicat warna hitam.
4. Tiang
penyangga panggung dibuat dari kayu dan alasnya dari papan atau triplex tebal
dengan memperhatikan kekuatan daya beban diatas panggung.
5. Panggung
tidak memakai karpet atau sejenisnya.
6. Panggung
tidak memakai layar buka tutup.
7. Memiliki
ruang kosong sebelahkanan dan kiri panggung yang akan dipakai untuk akses lalu
lintas masuk keluarnya peserta/official dan property juga askses ke ruang
8. Belakang
sebagai tempat persiapan akhir
G.
SOUND dan LIGHTING/TATA LAMPU PANGGUNG
1. Perengkapan
sound music standart(Speaker aktif, mixer dan kabel jek)
2. Lampu
standart dengan posisi lampu: 2 set parlet gantung (1 di bagian sudut depan
kiri dan 1 di bagian sudut depan kanan panggung); Kalau memungkinkan anggaran
bisa ditambah lampu focus dan efek smoke/liquid (pengasapan) Warna lampu setiap
set terdiri dari 4 warna : merah, kuning, hijau dan biru. Disediakan juga di
sebelah kiri dan kanan masing-masing 1 lampu gantung halogen berwarna
bening/cerah.
H.
APRESIASI/HADIAH
Apresiasi akan diberikan kepada semua tim dalam bentuk piagam/sertifikat.
Untuk
penghargaan khusus berupa uang pembinaan akan diberikan kepada :
·
Penyaji/penampil 1,2,3
·
Aktor dan Aktris terbaik
·
Pembantu actor & aktris terbaik
·
Sutradara terbaik
·
Penata artistic terbaik
I.
TECHNICAL MEETING
Technical Meeting I dilaksanakan 3 bulan sebelum perlombaan untuk
persiapan secara teknis
dan Technical Meeting II (akhir) dilaksanakan 1 bulan
sebelum perlombaan untuk informasi
tambahan dan pencabutan nomor urut naik
panggung.
PERSIAPAN
LOMBA TEATER :
o Persiapan
Awal (oleh KPPS GMIM dan Panitia) dimulai pada saat Technical Meeting I dan 2.
Apa saja yang dipersiapkan :
Setiap lomba termasuk
Teater, menyiapkan meja khusus yang diberi tanda khusus THEATER.
Di meja ini
disiapkan:
1.
Formulir Pendaftaran
2.
Kwitansi Pendaftaran
3.
Formulir Data Peserta(misalkan : Nama jemaat
penanggung jawab/coordinator tim, no kontak Penjab, judul, synopsis, landasan
teologi Alkitab, sutradara, para pemeran actor dan aktris, penata artistic,
dll.
4.
Kesiapan Teknis dari Panitia yang akan
disampaikan saatsesi Tanya jawab
o Persiapan
Teknis Umum (oleh Panitia):
1.
Tempat Akomodasi Peserta
2.
Ruangan/Klinik Kesehatan
3.
Tempat persiapan 1,2, dan 3 untuk peserta
4.
Meja secretariat
5.
Sound/TOA sebagai alat pengeras suara di luar.
Sebagai media informasi
6.
Format Penilaian untuk Juri
7.
Senter Kecil untuk Juri
8.
Alat Tulis Menulis untuk Juri
9.
Air mineral, suplemen, snack untuk Juri
10.
Dll
o Persiapan
Teknis Khusus
1. Ruang (sebagai panggung/tempat pementasan) Untuk
ruangan tertutup seperti gereja, sehubungan dengan waktu pementasan ada yang
siang hari maka harus diupayakan jendela-jendela gereja harus ditutup.
Semaksimal mungkin setiap celah yang bisa dimasuki langsung sinar/cahaya
matahari harus ditutup. Ini akan berdampak pada efek pencahayaan saat
pementasan nanri.
2.
Untuk panggung perlu diperhatikan:
·
Warna lantai dan dinding panggung : Hitam
·
Ukuran Standart Panggung = Panjang : 6m dan
lebar 8m serta tinggi dinding 3m (Bisa menyesuaikan ruangan jika besar memakai
ukuran 8 x 10m)
·
Lantai Panggung : terbuat dari triplex tebal
(menjaga keamanan/cidera pemain)
· Jika memungkinkan kondisi tata ruang gereja yang
memiliki pintu masuk ke dalam ruang gereja dari belakang, samping kiri dan
kanan akan lebih bagus. Sangatlah penting jika tersedia akses pintu tersebut
untuk masuk keluar pemain dan crew (dari dank e ruang persiapan)
· Dibuat pintu/sekat/sayap Antara lorong akses
pemain dan ruang pentas, yang terbuat dari triplex yang dicat warna hitam.
Ukuran Tinggi : 3m dan Lebar: 60cm. Sekat ini posisinya dibuat serong.
3. Ada ruang/ tempat berjalan (lorong) para pemain
dan crew sebagai akses masuk keluar panggung
4. Listrik ( sebagai sarana untuk lighting dan
sound efek). Kapasitas daya listrik yang memadai. Sebagai antisipasi
menyediakan genzet dengan kapasitas daya besar yang diletakan agak jauh dengan
tempat pementasan. Jangan sampai menggangu keributan suara genzet.
5. Tempat/ ruang persiapan (kostum, tata rias,
meditasi), (tata kostum, tata rias, dan meditasi) berada di belakang panggung.
6.
Kamar Mandi/WC diupayakan disediakan beberapa
kamar mandi/wc
7.
Air yang memadai di kamar mandi/wc
8. Sound system. Mixerdan speaker untuk sound
efek/kabel jek untuk sambungan ke laptop/HP
9. Lighting Standart dengan set mxer nya diupayakan
untuk menyediakan beberapa jenis lampu
o
Par led gantung 2 set yang terdiri dari 4 warna lampu:
merah, kuning, hijau, biru. Ditempatkan pada bagian sudut depan sisi kiri dan
kanan panggung
o
(Jika memungkinkan) 1 Follow. Digunakan untuk
menyorot secara utuh peran atau obyek tunggal di panggung baik yang bergerak
maupun diam (Jika memungkinkan untuk disediakan). Ditempatkan di bagian
depan/balkon
10.
Timer
11.
Kamera dan Video Shooting sebagai
dokumentasi/rekaman
12.
Team Work (untuk masing-masing tugas yang selalu
standby di bagian/tempatnya)
o
Luar Gedung :
pendaftaran/administrasi/informasi; akomodasi/penginpan
o
Penjaga Pintu masuk depan dan pintu masuk
samping
o Dalam gedung : fotografer; Video Shooting; meja
panita/ IP dan Meja Juri; Petugas/Teknisi listrik, lampu dan sound
o
Penjaga Timer
o
IP
o
Konsultas
INGAT…………
Sedapat mungkin H-2 Panggung telah siap dan h-1 kesiapan sound dan
lighting
THEATER
- Keanggotaan
peserta
Setiap
peserta TERDAFTAR sebagai anggota Pemuda GMIN di Jemaat Pengutus, dibuktikan
dengan akte kelahiran, foto copy KTP dan Surat Kredensi (semua yang terlibat di
atas panggung) dan BPMJ dan tidak boleh mewakili 2 atau lebih kelompok/group
Teater.
ü - Sistem
Perlombaan
a)
Setiap kelompok/group mempunyai kesempatan 1
(satu) kali pementasan
b)
Setiap kelompok/group mempunyai kesempatan untuk
mengadakan pengaturan/setting panggung dan pementasan maksimal 75 menit,
c)
Naskah Teater mencerminkan nuansa Teologis,
Pendidikan, Sosial, atau Budaya dibawah sorotan Tema :”Tuhan itu Baik” dalam
konteks Khotbah dan tidak mengandung unsur-unsur politik SARA, maupun Sadisme
d)
Setiap kelompok/group harus memasukan naskah,
nama pemain(actor, aktris atau tokoh yang diperankan), Sutradara, penata lampu,
dan penata artistik sebanyak tiga rangkap pada waktu yang ditetapkan Panitia.
e)
Pada saat Pementasan, peserta tidak
diperbolehkan menghentikan, atau mengulangi kembali pementasan dengan alasan
apapun juga, kecuali atas permintaan juri. (Misalnya Lampu Padam atau Bencana
Alam)
1.
Naskah
2.
Kemampuan Akting
3.
Penata Artistik : Tata Panggung/Setting, Tata
Rias/ Makeup, Tata Cahaya/Lighting
4.
Penyutradaraan
5.
Totalitas Pertunjukan / bukan Akumulasi
Perorangan
- Penghargaan
1.
Aktor Terbaik
2.
Aktris Terbaik
3.
Aktor Pembantu Terbaik
4.
Aktris Pembantu Terbaik
5.
Sutradara Terbaik
6.
Naskah Terbaik
7.
Penata Artistik Terbaik
8.
Pemenang 1 ,2 ,3
- Pakaian
Peserta
diberi kebebasan untuk memilih Pakaian dengan memperhatikan norma-norma sopan
santun sebagai Pemuda GMIM
- Pelanggaran Ketentuan atau Sanksi
1. Peserta
yang melanggar ketentuan yang ditetapkan akan dikenakan sanksi berupa DISKUALIFIKASI
2. Panitia
dan Komisi Pelayanan Pemuda Sinode GMIM menetapkan batas waktu pendaftaran dan
akan mengatur daftar urutan naik panggung dalam rapat teknis terakhir
3. Peserta
yang terlambat naik panggung, akan dipindahkan nomor urut paling belakang
dengan konsekuensi pengurngan 5 poin dari akumulasi nilai keseluruhan, kecuali
keterlambatan yang disebabkan kelalaian Panitia
4. Juri,
Panitia dan Peserta tidak diperkenenkan merokok, mabuk, dan membuat keonaran di
dalam Ruangan Pementasan
5. Syarat
/ Kewajiban Panitia
·
Menyiapkan Panggung dengan ukuran minimal 8x8
meter
·
Menyiapkan Ruang Ganti dan Persiapan
·
Menyiapkan Lighting / Tata Cahaya Standart
Minimal 6 Bagian atas dan 4 bagian bawah
·
Menyiapkan 1 set Sound System yang dilengkapi
Mixer dan Mic
0 komentar:
Posting Komentar